Definisi dan langkah METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Oleh: Muhammad Imam Madjid

Snowball throwing adalah suatu cara
penyajian bahan pelajaran dimana murid dibentuk dalam beberapa kelompok yang
heterogen kemudian masing-masing kelompok dipilih ketua kelompoknya untuk
mendapat tugas dari guru lalu masing-masing murid membuat pertanyaan yang
dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) kemudian dilempar ke murid lain yang
masing-masing murid menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.[1]
Snowball throwing berasal dari dua kata
yaitu “snowball” dan “throwing”. Kata snowball berarti bola salju, sedangkan
throwing berarti melempar, jadi Snowball Throwing adalah melempar bola salju.
Pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu model dari pembelajaran
kooperatif. Pembelajaran Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang
membagi murid di dalam beberapa kelompok, yang dimana masing-masing anggota
kelompok membuat bola pertanyaan. Dalam pembuatan kelompok, siswa dapat dipilih
secara acak atau heterogen.[2]
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Snowball Throwing adalah suatu model pembelajaran yang membagi murid dalam beberapa kelompok, yang nantinya masing-masing anggota kelompok membuat sebuah pertanyaan pada selembar kertas dan membentuknya seperti bola, kemudian bola tersebut dilempar ke murid yang lain selama durasi waktu yang ditentukan, dan selanjutnya masing-masing murid menjawab pertanyaan dari bola yang diperolehnya.
B.
Langkah-langkah
Langkah-langkah pembelajaran yang
ditempuh dalam melaksanakan Model Snowball Throwing sebagaimana dikemukakan Suprijono
adalah sebagai berikut:
1. Guru menyampaikan materi yang akan
disajikan.
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan
memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang
materi pembelajaran.
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke
kelompoknya masingmasing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh
gurukepada teman kelompoknya.
4. Kemudian masing-masing murid diberi satu
lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang
sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti
bola dan dilempar dari satu murid ke murid yang lain selama kurang lebih 5
menit.
6. Setelah tiap murid mendapat satu
bola/satu pertanyaan, diberikan kesempatan kepada murid untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian.
7. Guru bersama dengan murid memberikan
kesimpulan atas meteri pembelajaran yang diberikan.
8. Guru memberikan evaluasi sebagai bahan
penilaian pemahaman murid akan materi pembelajaran.
9. Guru menutup pembelajaran dengan memberikan pesan-pesan moral dan tugas di rumah.[3]
C.
Kesimpulan
Metode snowball throwing merupakan suatu metode yang dirancang seperti permainan bola-bola salju yang dilemparkan dari siswa ke siswa lain atau dari kelompok ke kelompok lain. Metode ini merupakan cara belajar mengajar yang lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru. Dalam aplikasinya metode pembelajaran snowball throwing tidak hanya menginginkan siswa untuk belajar keterampilan dan isi akademik, tetapi juga melatih siswa untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa.
D. Daftar Pustaka
Agus
Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2011
Arif
Ismail, Model-Model Pembelajaran Mutakhir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
2008
Hizbullah,
Metode Snowball Throwing, Jakarta: PT Raja Grasindo Persada. 2011
[1]Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), hlm.8
[2]Arif
Ismail, Model-Model Pembelajaran Mutakhir, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
2008), hlm. 27
[3]Hizbullah,
Metode Snowball Throwing, (Jakarta. PT Raja Grasindo Persada. 2011),
hlm. 10
Berikan Komentar untuk " Definisi dan langkah METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING"
Posting Komentar