Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Oleh : Itsna Ilmiana Ulfa

A.    Pengertian Mind Mapping

Mind mapping adalah salah satu cara konsep belajar yang revolusioner di dunia pendidikan. Ada beberapa pengertian mengenai mind mapping, diantaranya:

1.      Cara mencatat yang efektif, efisien, kreatif, menarik, mudah dan berdaya guna karena dilakukan dengan cara memetakan pikiran-pikiran kita.

2.      Sistem berpikir yang terpancar (radiant thingking) sehingga dapat mengembangkan ide dan pemikiran ke segala arah, divergen, dan melihatnya secara utuh dalam berbagai sudut pandang.

3.      Alat organisasional informasi yang bekerja sesuai dengan mekanisme kerja otak sehingga dapat memasukkan dan mengeluarkan informasi dari dan ke dalam otak dengan mudah.

4.      Metode penulisan yang bekerja dengan menggunakan prinsip manajemen otak sehingga dapat membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi. [1]

Jadi, mind mapping adalah metode belajar dengan menerapkan cara berfikir runtun terhadap suatu permasalahan babgaimana bisa terjadi sampai pada penyelesainnya. Pengajaran melalui mind mapping disajikan dalam bentuk skema yang memiliki hubungan sebab akibat dan saling berpengaruh. Metode belajar dengan mind mapping ini mampu meningkatkan analisis dan berpikir kritis siswa sehingga memahami sesuatu secara keseluruhan dari awal sampai akhir. [2]

B.     Langkah-Langkah Model Pembelajaran Mind Mapping

Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah dalam membuat mind mapping:

1.         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

2.         Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa. Sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban.

3.         Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.

4.         Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.

5.         Setiap kelompok (diacak kelompok tertentu) membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.

6.         Dari data-data di papan, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru. [3]

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Lefudin. Belajar dan Pembelajaran (Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran). Sleman: Budi Utama. 2014.

Rahman, Taufiqur. Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Pilar Nusantara. 2018.

Swadarma, Doni. Penerapan Mind Mappin dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia. 2013.

 

 



[1] Doni Swadarma, Penerapan Mind Mappin dalam Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: PT Gramedia, 2013), 3.

[2] Taufiqur Rahman, Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas, (Semarang: CV Pilar Nusantara, 2018), 50.

[3] Lefudin, Belajar dan Pembelajaran (Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran), (Sleman: CV Budi Utama, 2014), 198.

Berikan Komentar untuk " Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel