Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING
MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING
Oleh : Itsna Ilmiana Ulfa

A. Pengertian Mind
Mapping
Mind mapping adalah salah satu cara konsep belajar yang revolusioner di dunia pendidikan.
Ada beberapa pengertian mengenai mind
mapping, diantaranya:
1.
Cara mencatat yang efektif, efisien, kreatif, menarik,
mudah dan berdaya guna karena dilakukan dengan cara memetakan pikiran-pikiran
kita.
2.
Sistem berpikir yang terpancar (radiant thingking) sehingga dapat mengembangkan ide dan pemikiran
ke segala arah, divergen, dan melihatnya secara utuh dalam berbagai sudut
pandang.
3.
Alat organisasional informasi yang bekerja sesuai dengan
mekanisme kerja otak sehingga dapat memasukkan dan mengeluarkan informasi dari
dan ke dalam otak dengan mudah.
4.
Metode penulisan yang bekerja dengan menggunakan prinsip
manajemen otak sehingga dapat membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang
masih tersembunyi. [1]
Jadi, mind mapping adalah metode belajar
dengan menerapkan cara berfikir runtun terhadap suatu permasalahan babgaimana
bisa terjadi sampai pada penyelesainnya. Pengajaran melalui mind mapping disajikan dalam bentuk
skema yang memiliki hubungan sebab akibat dan saling berpengaruh. Metode
belajar dengan mind mapping ini mampu
meningkatkan analisis dan berpikir kritis siswa sehingga memahami sesuatu
secara keseluruhan dari awal sampai akhir. [2]
B. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Mind Mapping
Berikut ini adalah
cara atau langkah-langkah dalam membuat mind
mapping:
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan
ditanggapi oleh siswa. Sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif
jawaban.
3.
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
4.
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif
jawaban hasil diskusi.
5.
Setiap kelompok (diacak kelompok tertentu) membacakan
hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan
guru.
6.
Dari data-data di papan, siswa diminta membuat kesimpulan
atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru. [3]
DAFTAR PUSTAKA
Lefudin.
Belajar dan Pembelajaran (Dilengkapi
dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan
Metode Pembelajaran). Sleman: Budi Utama. 2014.
Rahman,
Taufiqur. Aplikasi Model-Model
Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Pilar Nusantara.
2018.
Swadarma,
Doni. Penerapan Mind Mappin dalam
Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia. 2013.
[1] Doni
Swadarma, Penerapan Mind Mappin dalam
Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: PT Gramedia, 2013), 3.
[2] Taufiqur
Rahman, Aplikasi Model-Model Pembelajaran
dalam Penelitian Tindakan Kelas, (Semarang: CV Pilar Nusantara, 2018), 50.
[3] Lefudin, Belajar dan Pembelajaran (Dilengkapi dengan
Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode
Pembelajaran), (Sleman: CV Budi Utama, 2014), 198.
Berikan Komentar untuk " Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING"
Posting Komentar