MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT - Definisi dan langkah
MODEL
PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT
Disusun oleh: Maya
Novitasari

A. Pengertian Cooperative Script
Model pembelajaran cooperative script
merupakan salah satu bentuk atau model pembelajaran kooperatif. Model
pembelajaran cooperative script merupakan penyampaian materi ajar yang diawali
dengan pemberian wacana atau ringkasan materi ajar kepada siswa yang kemudian
diberikan kesempatan kepada siswa untuk membacanya sejenak dan memberikan
ide-ide atau gagasan-gagasan baru kedalam materi ajar yang diberikan oleh guru,
lalu siswa diarahkan untuk menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dalam
materi yang ada secara bergantian sesama pasangan masing-masing.[1]
Metode belajar ini diterapkan dengan
cara siswa bekerja secara kelompok (4 orang) bergantian secara lisan menyusun
ikhtisar bagian-bagian dari materi yang dipelajari. [2]
B. Langkah-langkah Pembelajaran Cooperative
Script
1. Guru membagi siswa ke dalam sejumlah
pasangan/kelompok
2. Guru membagikan wacana atau materi dan
siswa membaca dan membuat ringkasannya
3. Guru dan siswa menetapkan siswa yang
pertama berperan sebagai pembicara dan siswa-siswa lain yang berperan sebagai
pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara
itu, para siswa pendengar:
1. Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap
2. Membantu mengingat/menghafal ide-ide
pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
3. Bertukar peran, semula sebagai pembicara
ditukar dengan menjadi pendengar dan sebaliknya
4. Simpulan dibuat siswa bersama dengan
guru
5. Penutup.[3]
C. Kesimpulan
Model pembelajaran Cooperative Script
secara tidak langsug terdapat kontrak belajar anta guru dengan siswa dan siswa
dengan siswa mengenai cara berkolaborasi. Model pembelajaran ini baik digunakan
dalam pembelajaran untuk menumbuhkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru, daya
berfikir kritis serta mengembangkan jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal
baru yang diyakininya benar.
Model pembelajaran Cooperative Script
ini mengajarkan siswa untuk percaya
kepada guru dan lebih percaya lagi dalam kemampuannya sendiri untuk berpikir,
mencari informasi dari sumber lain dan belajar dari siswa lain. Hal ini melatih
siswa untuk mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan ide temannya,
sehingga dapat membantu siswa untuk belajar menghormati pendapat siswa lain dan
menerima perbedaan yang ada.
Daftar Pustaka
Andayani,
2015, Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia,
(Yogyakarta: Deepublish).
Darmadi,
Optimalisasi Strategi Pembelajaran “Inovasi Tiada Henti Untuk Meningkatkan
Kualitas Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik”, ( Guepedia).
Mahisa
Alit, 2002, Pembelajaran Kooperatif, Apa dan Bagaimana, (Cirebon: SD
Negeri 2 Bungko Lor).
[1] Mahisa Alit, Pembelajaran
Kooperatif, Apa dan Bagaimana, (Cirebon: SD Negeri 2 Bungko Lor, 2002),
203.
[2] Andayani, Problema
dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Yogyakarta:
Deepublish, 2015), 242.
[3] Darmadi, Optimalisasi
Strategi Pembelajaran “Inovasi Tiada Henti Untuk Meningkatkan Kualitas Proses
dan Hasil Belajar Peserta Didik”, ( Guepedia), 268-269.
Berikan Komentar untuk "MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT - Definisi dan langkah"
Posting Komentar