Definisi dan langkah METODE TAKE AND GIVE
METODE TAKE AND GIVE
Oleh:
Nailal Khusnah

A. Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah Suatu
perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan
pembelajaran di kelas. Model pembelajaran take and
give (menerima dan memberi) adalah dengan sintaks, siapkan kartu dengan yang
berisi nama siswa, bahan ajar, informasi kompetensi, sajian materi pada tahap
pemantapan tiap siswa disuruh berdiri dan mencari teman dan saling memberi dan
menerima materi yang yang sudah didapatkan. Siswa mencatat informasi yang
didapat di kartu yang diberikan guru kepada nya.
1.
Kelebihan
·
Siswa akan lebih cepat memahami
penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan
siswa lain.
·
Dapat menghemat waktu dalam
pemahaman dan penguasaan siswa akan informasi.
2.
Kekurangan
·
Bila informasi yang
disaampaikan siswa kurang tepat maka informasi yang diterima siswa lain pun
kurang tepat.
·
Terlalu bertele-tele dan kurang
efektif
3.
Media
·
Siapkan kartu dengan ukuran
kurang lebih 10x15 cm untuk sejumlah siswa.
·
Setiap kartu berisi nama siswa,
bahan ajar dan nama yang diberi informasi kompetensi dan sajian materi.
4.
Langkah-langkahnya
·
Siapkan kelas sebagaiman
mestinya.
·
Jelaskan materi sesuai topik
menit.
·
Berikan setiap siswa kartu yang
sudah disiapakan yang sudah ada materi. Setiap siswa menuliskan nama nya
masing-masing
·
Untuk memantapkan penguasaan
setiap peserta, maka hendaknya guru memberikan waktu untuk semua siswa
mempelajari materi yang sudah di berikan melalui kartu tersebut kurang lebih
5-10 menit.
·
Guru menyuruh siswa untuk
mencari pasangan dan menginformasikan materi yang sudah diberikan di dalam
kartu secara bergantian (memberi dan menerima). Dan tidak lupa mencatan
informasi baru yang didapkan dan saling menuliskan nama pasangannya dikartu
tersebut.
·
Demikian sampai sebagian besar
siswa sudah saling memberi dan menerima informasi.
·
Untuk langkah evaluasi guru
memberikan pertanyaan sesuai materi yang diberikan pasangannya tadi untuk
mengecek sejauh mana pemahaman siswa tentang materi tersebut.
·
Stategi ini bisa diubah sesuai
dengan situasi kelas dan di akhir pastikan semua siswa paham dengan materi yang
diberikan pasangannya.
5. Daftar Pustaka
H Darmadi. Pengembangan
Model dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Taufiqur Rahman. Aplikasi
Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV.
Pilar Nusantara, 2018
Ngalimun, Strategi dan Model
Pembelajaran. Banjarmasin: Scipta Cendikia, 2012.
Berikan Komentar untuk "Definisi dan langkah METODE TAKE AND GIVE"
Posting Komentar