Definisi dan langkah METODE TAKE AND GIVE

METODE TAKE AND GIVE

Oleh: Nailal Khusnah

 

A.    Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah Suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran take and give (menerima dan memberi) adalah dengan sintaks, siapkan kartu dengan yang berisi nama siswa, bahan ajar, informasi kompetensi, sajian materi pada tahap pemantapan tiap siswa disuruh berdiri dan mencari teman dan saling memberi dan menerima materi yang yang sudah didapatkan. Siswa mencatat informasi yang didapat di kartu yang diberikan guru kepada nya.

 

1.      Kelebihan

·         Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa lain.

·         Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan penguasaan siswa akan informasi.

2.      Kekurangan

·         Bila informasi yang disaampaikan siswa kurang tepat maka informasi yang diterima siswa lain pun kurang tepat.

·         Terlalu bertele-tele dan kurang efektif

3.      Media

·         Siapkan kartu dengan ukuran kurang lebih 10x15 cm untuk sejumlah siswa.

·         Setiap kartu berisi nama siswa, bahan ajar dan nama yang diberi informasi kompetensi dan sajian materi.

4.      Langkah-langkahnya

·         Siapkan kelas sebagaiman mestinya.

·         Jelaskan materi sesuai topik menit.

·         Berikan setiap siswa kartu yang sudah disiapakan yang sudah ada materi. Setiap siswa menuliskan nama nya masing-masing

·         Untuk memantapkan penguasaan setiap peserta, maka hendaknya guru memberikan waktu untuk semua siswa mempelajari materi yang sudah di berikan melalui kartu tersebut kurang lebih 5-10 menit.

·         Guru menyuruh siswa untuk mencari pasangan dan menginformasikan materi yang sudah diberikan di dalam kartu secara bergantian (memberi dan menerima). Dan tidak lupa mencatan informasi baru yang didapkan dan saling menuliskan nama pasangannya dikartu tersebut.

·         Demikian sampai sebagian besar siswa sudah saling memberi dan menerima informasi.

·         Untuk langkah evaluasi guru memberikan pertanyaan sesuai materi yang diberikan pasangannya tadi untuk mengecek sejauh mana pemahaman siswa tentang materi tersebut.

·         Stategi ini bisa diubah sesuai dengan situasi kelas dan di akhir pastikan semua siswa paham dengan materi yang diberikan pasangannya.

 

5.      Daftar Pustaka

H Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Taufiqur Rahman. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2018

Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scipta Cendikia, 2012.

 

Berikan Komentar untuk "Definisi dan langkah METODE TAKE AND GIVE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel