Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING
MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING
Disusun Oleh : Risma Ulfa Riyani

A. Pengertian Model Pembelajaran Role Playing
Model ini memberikan
kesempatan kepada siswa-siswa untuk praktik menempatkan diri mereka dalam
peran-peran dan situasi-situasi yang akan meningkatkan kesadaran terhadap
nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan mereka sendiri dan orang lain.[1]
Guru bertanggung jawab memulai pembelajaran dan membimbing peserta didik dalam
setiap fase. Isi diskusi dan permainan peran sebagian besar ditentukan oleh
peserta didik.[2]
B. Langkah-langkah Model Pembelajaran Role Playing
1.
Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan
ditampilkan
2.
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua
hari sebelum KBM
3.
Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4.
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin
dicapai
5.
Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6.
Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil
memerhatikan skenario yang sedang diperagakan
7.
Setelah dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas
sebagai lembar kerja untuk membahas
8.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulannya
9.
Guru memberikan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup[3]
[1] Aris
Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif
dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), 161.
[2] Ridwan
Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2013), 107.
[3] Aris
Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif
dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), 162.
Berikan Komentar untuk " Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING"
Posting Komentar