Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

 MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Disusun Oleh : Risma Ulfa Riyani

 

A.    Pengertian Model Pembelajaran Role Playing

Model ini memberikan kesempatan kepada siswa-siswa untuk praktik menempatkan diri mereka dalam peran-peran dan situasi-situasi yang akan meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan mereka sendiri dan orang lain.[1] Guru bertanggung jawab memulai pembelajaran dan membimbing peserta didik dalam setiap fase. Isi diskusi dan permainan peran sebagian besar ditentukan oleh peserta didik.[2]

B.     Langkah-langkah Model Pembelajaran Role Playing

1.      Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan

2.      Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM

3.      Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang

4.      Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai

5.      Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan

6.      Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memerhatikan skenario yang sedang diperagakan

7.      Setelah dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas

8.      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya

9.      Guru memberikan kesimpulan secara umum

10.  Evaluasi

11.  Penutup[3]



[1] Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), 161.

[2] Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), 107.

[3] Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), 162.

Berikan Komentar untuk " Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel