Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI

MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI

Disusun oleh: Nurul Hikmah 

A.    Pengertian Model Pembelajaran Artikulasi

Model artikulasi sebagai suatu model pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa untuk pandai berbicara mengunakan kata-kata dengan jelas, pengetahuan dan cara berpikir dalam menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru. Model pembelajaran ini menuntut siswa aktif dalam pembelajaran dimana siswa dibentuk untuk menjadi kelompok kecil yang masing-masing siswa dalam kelompok tersebut mempunyai bahan konsep pemahaman sangat diperlukan dalam pembelajaran itu. Menurut Ngalimun, Model pembelajaran Artikulasi merupakan model pembelajaran dengan penyampaian kompetensi, sajian materi, bentuk kelompok perpasangan sebangku, salah satu siswa menyampaikan meteri yang baru diterima kepada pasangannya kemudian bergantian, presentasi di depan hasil diskusinya, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan. Dalam proses pembelajaran siswa dituntut aktif yaitu siswa berperan sebagai penerima materikemudian berperan sebagai penyampai materi. [1]

Menurut Aris Shoiron, Artikulasi merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berperan untuk sebagai “ penerima pesan” sekaligus sebagai “penyampai pesan” pembelajaran yang telah diberikan guru wajib dilaksanakan oleh siswa dan menjelaskannya kepada siswa lain didalam pasangan kelompoknya. Model pembelajaran Artikulasi sebagai suatu model pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa untuk pandai berbicara atau menggunakan kata-kata dengan jelas.[2]

Menurut Imas Kurniasi, Model pembelajaran Artikulasi adalah pembelajaran dengan sistem pesan berantai. Pesan yang akan dibawa merupakan materi pelajaran yang sedang dipelajari ketika itu. Secara teknis, setiap siswa wajib meneruskan pesan dan mejelaskannya pada siswa lain (pasangan kelompoknya). [3]

Jadi model pembelajaran artikulasi dapat diartikan sebagai suatu model yang menekankan pada kemampuan siswa untuk pandai berbicara atau mengunakan kata-kata yang jelas, pengetahuan dalam menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru.

B.     Langkah-langkah Metode Pembelajaran Artikulasi :

1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

2.      Guru menyajikan materi sebagaimana bisa

3.      Untuk mengetahui daya serap peserta didik, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.

4.      Menugaskan salah satu peserta didik dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok yang lainnya.

5.      Menugaskan peserta didik secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya, sampai sebagian peserta didik sudah menyampaikan hasil wawancaranya.

6.      Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami peserta didik.

7.       Kesimpulan/penutup.[4]


Daftar Pustaka

Aris Shohiron, 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013,

Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish.

H. Darmadi, 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika

Imas Kurniasih, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk

Meningkatkan Profesional Guru, Kata Pena.

Ngalimun, 2012.  Strategi dan Model Pembelajaran, Banjarmasin: AswajaPressido.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.



[1] Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, (Banjarmasin: AswajaPressido, 2012), 174.

[2] Aris Shohiron, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013,(Yogyakarta: Ar-

Ruzz Media, 2013), 27.

[3] Imas Kurniasih, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan

Profesional Guru, (Kata Pena, 2015), 66.

[4] H. Darmadi, Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, (Yogyakarta: Deepublish, 2017), 48-49.

Berikan Komentar untuk "Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel