Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
Oleh: Muhammad Arifin

A. Pengertian Grup Investigasi
Group investigation adalah strategi belajar
kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok untuk melakukan investigasi
terhadap suatu topik. Group Investigation
merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang
menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi
(informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia.[1]
Kesuksesan implementasi teknik koopertif GI sangat
tergantung dari pelatihan awal dalam penguasaan keterampilan komunikasi dan
sosial. Tugas-tugas akademik harus diarahkan kepada pemberian kesempatan bagi
anggota kelompok untuk memberikan berbagai macam kontribusinya, bukan hanya
sekadar didesain untuk mendapat jawaban dari suatu pertanyaan yang bersifat
faktual (apa, siapa, di mana, atau sejenisnya).[2]
Model ini lebih menekankan pengembangan kemampuan
memecahkan permasalahan dalam suasana yang demokratis dimana pengetahuan tidak
diajarkan secara langsung kepada siswa, tetapi diperoleh melalui proses
pemecahan masalah.[3]
B. Langkah-langkah Model Grup Investigasi
Langkah-langkah pembelajaran pada model pembelajaran
grup investigasi sebagai berikut;
1. Guru
atau siswa membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2
sampai 6 anggota.
2. Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok yang harus dikerjakan.
3. Guru
membagi topik materi atau tiap kelompok bebas memilih subtopik dari keseluruhan
unit materi (pokok bahasan) yang akan diajarkan.
4. Masing-masing
kelompok membahas materi tugas secara kooperatif dalam kelompoknya dan
kemudian membuat atau menghasilkan laporan kelompok.
5. Setelah
selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau
salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
Kelompok lain
dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya untuk
berbagi dan saling tukar informasi temuan mereka.
6. Guru
memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan
konsep dan memberikan kesimpulan.[4]
DAFTAR
PUSTAKA
Maimunah.
Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI. Malang:
Universitas Negeri Malang, 2005.
Rusman.
Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo, 2018.
Sudjana,
Nana, dan Wari Suwariyah. Model-model Mengajar CBSA. Bandung : CV
Sinar Baru, 1991.
[1] Maimunah, Pembelajaran Volume
Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI, (Malang: Universitas Negeri Malang,
2005), 21.
[2] Rusman, Model-model
Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo, 2018), 221.
[3] Nana Sudjana dan Wari Suwariyah, Model-model
Mengajar CBSA, (Bandung : CV Sinar Baru, 1991), 50.
[4] Rusman, Model-model
Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo, 2018), 223.
Berikan Komentar untuk " Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION"
Posting Komentar