Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJRAN RECIPROCAL TEACHING
MODEL PEMBELAJRAN RECIPROCAL TEACHING
Oleh: M. Fadlla Amna

A.
Pengertian
Reciprocal Teaching
Reciprocal Teaching
adalah model pembelajaran berupa kegaiatan mengajar materi kepada teman. Pada
model pembelajaran ini siswa berperan sebagai guru untuk menyampaikan materi
kepada teman-temannya.[1]
Pembelajaran
terbalik (reciprocal teaching) merupakan model pembelajaran yang memberikan
kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif. Dimana
siswa diberi kesempatan untuk mempelajari materi terlebih dahulu, kemudian
siswa menjelaskan kembali materi yang dipelajari kepada siswa yang lain. Guru
hanya bertugas sebagai fasilitator dan pembimbing dalam pembelajaran, yaitu
meluruskan atau memberi penjelasan mengenai materi yang tidak dapat dipecahkan
secara mandiri oleh siswa.
Pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengajuan pertanyaan dimana siswa keterampilan-keterampilan metakognitif daiajarkan melalui pengajaran langsung dan pemodelan oleh guru.[2]
B. Strategi
1.
Question Generating (Membuat Pertanyaan)
Dalam strategi ini, siswa diberi
kesempatan untuk membuat pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas.
Pertanyaan tersebut diharapkan dapat mengungkap penguasaan konsep terhadap
materi yang sedang dibahas.
2.
Clarifying (Menjelaskan).
Strategi
Clarifying ini merupakan kegiatan penting saat pembelajaran, terutama bagi
siswa yang mempunyai kesulitan dalam memahami suatu materi. Siswa dapat
bertanya kepada guru tentang konsep yang dirasa masih sulit atau belum bisa
dipecahkan bersama kelompoknya. Selain itu, guru juga dapat mengklarifikasi
konsep dengan memberikan pertanyaan kepada siswa.
3. Predicting
(Memprediksi)
Strategi
ini merupakan strategi dimana siswa melakukan hipotesis atau perkiraan mengenai
konsep apa yang akan didiskusikan selanjutnya oleh penyaji.
4.
Summarizing (Merangkum)
Dalam
strategi ini terdapat kesempatan bagi siswa untuk mengidentifikasikan dan
mengintegrasikan informasi-informasi yang terkandung dalam materi.[3]
C. langkah-langkah
pembelajaran Reciprocal Teaching adalah sebagai berikut:
1. Pada tahap awal pembelajaran, guru
bertanggung jawab meminpin tanya jawab dan melaksanakan ke empat strategi
pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) yaitu merangkum, menyusun
pertanyaan, menjelaskan kembali dan memprediksi.
2. Guru menerangkan bagaimana cara
merangkum, menyusun pertanyaan, menjelaskan kembali dan memprediksi setelah
membaca.
3. Selama membimbing siswa melakukan
latihan menggunakan empat strategi pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching),
guru meminta siswa dalam menyelesaikan apa yang diminta dari tugas yang
diberikan berdasarkan tugas kepada siswa.
4. Selanjutnya siswa belajar untuk
memimpin tanya jawab dengan atau tanpa adanya guru.
5. Guru bertindak sebagai fasilitator
dengan memberikan penilaian berkenaan dengan penampilan siswa untuk
berpartisipasi aktif dalam tanya jawab ke tingkat yang lebih tinggi.[4]
DAFTRA PUSTAKA
Aris Shoimin, 68 model Pembeajaran
Inovatif dalam Kurikulum, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2017.
Suyanto, Menjelajah Pembelajaran
Inovatif, Sidoarjo, Masmedia Buana Pustaka, 2009.
Hayati, Desain Pembelajaran
Berbasis Karakter, Pekanbaru, Al-Muitalah Press, 2012.
Saryadi, Penerapan Model
Pembelajaran Terbalik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Jakarta,
2010.
[1]
Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalalm Kurikuum 2013, (Yogyakarta,
Ar-Ruzz Media 2017), 153.
[2]
Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, 2009, (Sidioarjo, Masmedia Buana
Pustaka),
[3]
Hayati, Desain Pembelajaran Berbasis Karakter, 2012, (Pekanbaru,Al-Mujtalah
Press), 17.
[4]
Sardiyati, Penerapan Model Pembelajaran Terbalik Untuk meningkatkan Aktivitas
Belajar Siswa, 2010, (Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah), 19
Berikan Komentar untuk "Definisi dan langkah MODEL PEMBELAJRAN RECIPROCAL TEACHING"
Posting Komentar