MODEL PEMBELAJARAN KUMON - Definisi dan langkah


MODEL PEMBELAJARAN KUMON

Oleh: Khotimatus Sa’adah

A.    Pengertian model pembelajaran kumon

Pada awalnya, Kumon merupakan salah satu koorporasi pendidikan yang digagas pertama kali oleh Toru Kumon dari Osaka, Jepang, pada 1958. Ia kemudian diadopsi sebagai metode pembelajaran yang umumnya digunakan untuk pengjaran membaca dan matematika. Kini, metode tersebut sudah dipraktikkan di berbagai negara du dunia dan memiliki pusat-pusatnya tersendiri.

Model pembelajaran kumon adalah model pembelajaran perseorangan. Level awal untuk setiap siswa kumon ditentukan secara perseorangan. Siswa mulai belajar dari level yang dapat dikerjakannya sendiri dengan mudah dan tanpa ada kesalahan. Lembar kerjanya telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya. Jika siswa terus belajar dengan kemampuannya sendiri, ia akan mengejar bahan pelajaran yang setara dengan tingkatan kelasnya dan bahkan maju melampauinya.

Sistem pembelajaran dengan model pembelajaran kumon adalah siswa diberi tugas. Setelah selesai mengerjakan, tugas tersebut langsung diperiksa dan dinilai. Jika keliru dalam mengerjakan maka dikembalikan untuk diperbaiki kemudian diperiksa kembali. Apabila siswa salah hingga 5 kali, maka guru membimbingnya sampai dapat mengerjakannya dengan benar. Model pembelajaran kumon bisa dikatakan bagian dari Mastery Learning (belajar tuntas), perbedaanya dengan sistem modul yaitu pada jumlah tingkat bahan pelajarannya maupun jumlah lembar kerjannya.

Model pembelajaran kumon memiliki keunggulan tertentu, diantaranya yaitu sesuai dengan kemampuan karena sebelum anak belajar ada tes penempatan sehingga anak tidak merasa terbebani, bahan pelajaran tersusun atas langkah-langkah kecil sehingga siswa bisa memperoleh kemampuan dasar yang kuat, anak mengerjakan soal secara mandiri dari tingkat yang mudah sampai tingkat yang lebih sulit. Bila mengalami kesulitan bisa melihat buku penyelesaian sehingga pembelajaran akan lebih bermakna, dan model pembelajaran kumon mengajak siswa untuk disiplin.

B.     Langkah-langkah model pembelajaran kumon

1.      Pertama-tama guru menyajikan konsep dan siswa memerhatikan penyajian tersebut.

2.      Kemudian siswa mengambil buku saku yang telah disediakan, menyerahkan lembar kerja PR yang sudah dikerjakan di rumah, dan mengambil lembar kerja yang telah dipersiapkan guru untuk dikerjakan siswa pada hari tersebut.

3.      Siswa duduk dan memulai mengerjakan lembar kerjanya. Karena pelajaran diprogram sesuai dengan kemampuan masing-masing, biasanya siswa dapat mengerjakan lembar kerja tersebut dengan lancar.

4.      Setelah selesai mengerjakan, lembar kerja diserahkan kepada guru untuk diperiksa dan diberi nilai. Sementara lembar kerjanya dinilai, siswa berlatih dengan alat bantu belajar.

5.      Setelah lembar kerja selesai diperiksa dan diberi nilai, guru mencatat hasil belajar hari itu pada “daftar nilai”. Hasil ini nantinya akan dianalisis untuk penyusunan program belajar berikutnya.

6.      Bila ada bagian yang masih salah, siswa diminta untuk membetulkan bagian tersebut hingga  semua lembar kerjanya memperoleh nilai 100. Tujuannya agar siswa menguasai pelajaran dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

7.      Jika sampai mengulang 5 kali, guru melakukan pendekatan kepada siswa tersebut dan menanyakan tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

8.      Setelah selesai, siswa mengikuti latihan secara lisan. Sebelum mengakhiri pembeelajaran, guru memberikan evaluasi  terhadap pekerjaan siswa hari itu dan memberitahu materi yang akan dikerjakan pada hari atau pertemuan berikutnya.

 

Keistimewaan Kumon adalah karena siswa diberi kesempatan untuk memulai belajar dari bagian yang dapat dikerjakannya sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan. Melalui pencapaian target dengan kemampuanya sendiri, siswa akan merasakan kegembiraan dan kepuasan. Kumon menggali potensi setiap individu degan metode belajar mandiri yang disesuaikan dengan kemampuan setiap individu. Melalui bimbingan perseorangan dan belajar pada tingkatan yang tepat, Kumon berusaha untuk meningkatkan kemampuan setiap anak dan memaksimalkan potensinya.

Sebagai suatu program, metode Kumon secara konsisten telah berkarya selama lebih dari lima puluh tahun, dan ia juga telah memiliki berbagai program studi tersendiri, mulai dari matematika, bahasa inggris, dan keterampilan menggunakan pensil. Selain itu, lemnbar kerja Kumon selalu direvisi untuk memastikan kemajuan siswa yang lancar sambil terus memaksimalkan potensinya. Metode Kumon adalah cara belajar perseorangan. Karenanya, setiap siswa maju dengan kemampuanya sendiri. Pembimbing Kumon memberikan dukungan kepada setiap siswa dalam mengembangkan kemampuan belajar mandiri.


DAFTAR PUSTAKA

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berikan Komentar untuk "MODEL PEMBELAJARAN KUMON - Definisi dan langkah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel