MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION - Definisi dan langkah
MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION
Oleh: Dhika Khoirul Wicaksono

A. Pengertian
Model Pembelajaran Problem Based Instruction Menurut Para Ahli
1.
Arends dalam Trianto
(2007:68)
Menurut
Arends, Problem based instruction adalah pendekatan belajar yang menggunakan
permasalahan autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan siswa,
mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi,
mengembangkan kemandirian dan percaya diri. Problem based instruction berpusat
pada siswa.
2.
Suyatno (2009:58)
Menurut
Suyatno, Problem Based Instruction adalah suatu proses pembelajaran yang titik
awal pembelajaran berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata lalu dari masalah
ini siswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan
pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya (prior knowledge) sehingga akan
terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru.
3.
Trianto (2009:92)
Menurut
Trianto, Problem Based Instruction adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana
siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan
mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih
tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri.
4.
Purwaningsih (2013:5)
Menurut
Purwaningsih, Problem Based Instruction dikembangkan untuk membantu siswa
mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan ketrampilan
intelektual, belajar berbagai peran, melalui pengalaman belajar dalam kehidupan
nyata.
5.
Rusman (2014:237)
Menurut
Rusman, Problem Based Instruction adalah model pembelajaran yang dapat
membangkitkan pemahaman siswa terhadap masalah, sebuah kesadaran akan adanya
kesenjangan, pengetahuan, keinginan memecahkan masalah, dan adanya persepsi
bahwa mereka mampu memecahkan masalah tersebut.
B. Langkah-langkah
Problem Based Instruction
Menurut
Trianto (2009:98), langkah-langkah atau tahapan pembelajaran model pembelajaran
problem based instruction, yaitu:
1.
Tahap pertama, yaitu orientasi
siswa pada masalah. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, logistik yang
diperlukan, mengajukan fenomena/demonstrasi/cerita untuk memunculkan masalah,
memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan.
2.
Tahap kedua, yaitu
mengorganisasi siswa untuk belajar. Guru membantu siswa untuk mendefinisikan
dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
3.
Tahap ketiga, yaitu membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok. Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapatkan
penjelasan dan pemecahan masalah.
4.
Tahap keempat, yaitu mengembangkan
dan menyajikan hasil karya. Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan
karya yang sesuai seperti laporan, video dan model serta membantu mereka
berbagi tugas dengan temannya.
5.
Tahap kelima, yaitu menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Guru membantu siswa untuk melakukan
refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses yang mereka
gunakan.
C. Kelebihan
dan Kekurangan Problem Based Instruction
1.
Kelebihan atau keunggulan model pembelajaran
problem based instruction, diantaranya yaitu:
a)
Siswa dilibatkan pada kegiatan belajar
sehingga pengetahuannya benar-benar diserap dengan baik.
b)
Siswa dilatih untuk mandiri dan bekerja sama
dengan siswa lain.
c)
Berperan aktif dan menuntut keterampilan
berfikir siswa yang lebih tinggi dalam pembelajaran.
d)
Siswa bisa merasakan manfaat pembelajaran
matematika sebab masalah yang diselesaikan merupakan masalah sehari-hari.
e)
Bisa mengembangkan cara berfikir logis dan
berlatih mengemukakan pendapat.
2.
Kekurangan atau kelemahan menggunakan model
pembelajaran problem based instruction, diantaranya yaitu:
a)
Untuk siswa yang malas, tujuan model
pembelajaran problem based instruction atau berbasis pada masalah ini tidak
akan tercapai.
b)
Memerlukan banyak waktu.
c)
Menuntut guru membuat perencanaan pembelajaran
yang lebih matang.
DAFTAR PUSTAKA
Purwaningsih, Ira. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Instruction
(PBI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,
Jurnal Pendidikan Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru).
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya
pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Berikan Komentar untuk "MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION - Definisi dan langkah"
Posting Komentar