MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION - Definisi dan langkah

 

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION

Oleh: Dhika Khoirul Wicaksono

A.    Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Instruction Menurut Para Ahli

1.      Arends dalam Trianto (2007:68)

Menurut Arends, Problem based instruction adalah pendekatan belajar yang menggunakan permasalahan autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan siswa, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri. Problem based instruction berpusat pada siswa.

2.      Suyatno (2009:58)

Menurut Suyatno, Problem Based Instruction adalah suatu proses pembelajaran yang titik awal pembelajaran berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata lalu dari masalah ini siswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya (prior knowledge) sehingga akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru.

3.      Trianto (2009:92)

Menurut Trianto, Problem Based Instruction adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri.

4.      Purwaningsih (2013:5)

Menurut Purwaningsih, Problem Based Instruction dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan ketrampilan intelektual, belajar berbagai peran, melalui pengalaman belajar dalam kehidupan nyata.

5.      Rusman (2014:237)

Menurut Rusman, Problem Based Instruction adalah model pembelajaran yang dapat membangkitkan pemahaman siswa terhadap masalah, sebuah kesadaran akan adanya kesenjangan, pengetahuan, keinginan memecahkan masalah, dan adanya persepsi bahwa mereka mampu memecahkan masalah tersebut.

B.     Langkah-langkah Problem Based Instruction

Menurut Trianto (2009:98), langkah-langkah atau tahapan pembelajaran model pembelajaran problem based instruction, yaitu:

1.      Tahap pertama, yaitu orientasi siswa pada masalah. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, logistik yang diperlukan, mengajukan fenomena/demonstrasi/cerita untuk memunculkan masalah, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan.

2.      Tahap kedua, yaitu mengorganisasi siswa untuk belajar. Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.

3.      Tahap ketiga, yaitu membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.

4.      Tahap keempat, yaitu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video dan model serta membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.

5.      Tahap kelima, yaitu menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses yang mereka gunakan.

 

C.    Kelebihan dan Kekurangan Problem Based Instruction

1.      Kelebihan atau keunggulan model pembelajaran problem based instruction, diantaranya yaitu:

a)      Siswa dilibatkan pada kegiatan belajar sehingga pengetahuannya benar-benar diserap dengan baik.

b)      Siswa dilatih untuk mandiri dan bekerja sama dengan siswa lain.

c)      Berperan aktif dan menuntut keterampilan berfikir siswa yang lebih tinggi dalam pembelajaran.

d)     Siswa bisa merasakan manfaat pembelajaran matematika sebab masalah yang diselesaikan merupakan masalah sehari-hari.

e)      Bisa mengembangkan cara berfikir logis dan berlatih mengemukakan pendapat.

2.      Kekurangan atau kelemahan menggunakan model pembelajaran problem based instruction, diantaranya yaitu:

a)      Untuk siswa  yang malas, tujuan model pembelajaran problem based instruction atau berbasis pada masalah ini tidak akan tercapai.

b)      Memerlukan banyak waktu.

c)      Menuntut guru membuat perencanaan pembelajaran yang lebih matang.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Purwaningsih, Ira. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Berikan Komentar untuk "MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION - Definisi dan langkah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel