MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE - Definisi dan langkah

MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

Oleh: Muhammad Hilal Aidar

 

A. Pengertian Strategi Pembelajaran Word Square

            Word Square dalam arti bahasa terdiri atas dua suku kata diantaranya Word yang berarti kata dan square yang berarti pencari. Jadi menurut bahasa arti dari Word Square adalah pencari kata. strategi pembelajarn Word Square adalah suatu strategi pembelajaran yang didalamnya berisi permainan acak kata huruf menjadi kata yang berserak dalam satu bingkai kotak, dimana siswa diminta untuk menghubungkan huruf dengan cepat baik secara menurun atau mendatar secara berkelompok dalam sebuah media kertas, strategi pembelajaran ini melatih siswa untuk melatih kerjasama antar  strategi kelompok dalam menemukan jawaban pertanyaan dan memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban yang telah tersedia.

Model Pembelajaran Word Square merupakan model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Mirip seperti mengisi  Teka-Teki Silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf/angka penyamar atau pengecoh. Model pembelajaran ini sesuai untuk semua mata pelajaran.Tinggal bagaimana Guru dapat memprogram sejumlah pertanyaan terpilih yang dapat merangsang siswa untuk berpikir efektif. Tujuan huruf/angka pengecoh bukan untuk mempersulit siswa namun untuk melatih sikap teliti dan kritis.

            Word Square merupakan salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat dipergunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode ini merupakan kegiatan belajar mengajar dengan cara guru membagikan lembar kegiatan atau lembar kerja sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Instrument utama metode ini adalah lembar kegiatan atau kerja berupa pertanyaan atau kalimat yang perlu dicari jawabannya pada susunan huruf acak pada kolom yang telah disediakan.


B. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Word Square

Langkah-langkah Model Pembelajaran Word Square adalah sebagai berikut :

1.      Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.

2.        Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh.

3.         Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban secara vertikal, horizontal maupun diagonal.

4.       Berikan poin setiap jawaban dalam kotak.

C. Fungsi dari model pembelajaran word square

            Fungsi dari model pembelajaran word squre pada umunya ialah untuk memberikan suasana belajar yang lebih menantang dan menyenangkan sehingga tidak monoton, namun tentunya terdapat fungsi lain yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran secara luas.

1.      Kegiatan tersebut mendorong pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran,diharapkan dengan melakukan model pembelajaran word square peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan sebab mendapat pelajaran dua kali berturut turut, yakni saat pengajar atau pendidik memberikan penjelasan dan ketika peserta didik mengisi jawaban sesuai pertanyaan yang disediakan. Disini secara otomatis peserta didik belajar untuk mengingat apa yang telah disampaikan oleh pengajar atau pendidik dan menerapkan langsung pada kotak kotan jawaban yang tersedia, semua mata pelajaran baik yang berhubungan dengan angka atauun hurup dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran word square ini.

2.      Melatih untuk berdisiplin, mentunya peserta didik yang tidak mendengarkan penjelasan materi pengajar atau pendidik di awa akan kesulitan dalam menjawab pertanyaan sebab terdapat banyak angka dan huruf lain yang mengecoh, sehingga hal itu dapat membuat peserta didik lebih sadar untuk memperhatikan apa yang disampaikan pengajar atau pendidik dan dapat menjawab pertanyaan dengan cepat.

3.      Dapat melatih sikap teliti dan kritis,dalam menjawab pertanyaan di kota kotak jawaban yang tersedia jelas dibutuhkan ketelitian terlebih di awal awal pertanyaan ketika semua kotak jawaban belum terisi, peserta didik harus mencari satu satu di huruf atau angka yang tersedia hingga menemukan jawaban yang tepat sehingga secara langsung akan menjadi peserta didik yang teliti dan pantang menyerah.

D. Kelebihan Strategi Pembelajaran Word Square

1.      Strategi word square mempunyai kelebihan sebagai berikut : Word square cenderung menggali pengetahuan siswa dalam pembelajaran, karena word square berupa permainan kotak kata yang berisi kumpulan huruf.

2.      Penggunaan word square lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa yang akan menegaskan pemahaman materi siswa.

3.      Membantu siswa membiasakan diri membaca buku pelajaran, karena word square memerlukan pengetahuan dasar dari siswa.

4.      Siswa dapat berlatih kreatif dan terampil belajar mandiri dalam membuat pertanyaan dan memanfaatkan buku sumber.

5.      Dapat melatih sikap teliti dan kritis.

6.      Merangsang siswa untuk berpikir efektif.

E. Kekurangan Strategi Pembelajaran Word Square

1.       Metode pembelajaran seperti ini biasanya menimbulkan suara gaduh, hal tersebut jelas akan mengganggu kelas yang berdekatan.

2.       Siswa tidak dapat mengembangkan materi yang ada dengan kemampuan atau potensi yang dimilikinya.

3.       Dalam model pembelajaran ini siswa tidak dapat mengembangkan kreativitas masing-masing, dan lebih banyak berpusat pada guru.  Karena siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru, dan jawaban dari lembar kerja pun tidak bersifat analisis sehingga siswa tidak dapat menggali lebih dalam materi yang ada dengan model pembelajaran word square ini.

F. Solusi dari kekurangan Strategi Pembelajaran Word Square

1.       Guru senantiasa mengawasi dan membimbing siswanya selama diskusi dan memberikan suatu peraturan-peraturan diskusi agar mengurangi suasana gaduh dan diskusi berjalan lancar.

2.       Alangkah baiknya guru menyajikan materi yang telah dimodifikasi sehingga potensi siswa semakin berkembang.

3.      Guru membuat soal yang bersifat analisis dan jawaban dari soal tersebut berbentuk jawaban singkat, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa.

 

DAFTAR PUSTAKA

Prasetyo, Hafid Angga (2014) Studi Perbandingan Antara Strategi Pembelajaran Scramble Dan Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD N Ngadirejo 01 Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

https://dosenpsikologi.com/model-pembelajaran-word-square

http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-word-square.html

  

Berikan Komentar untuk "MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE - Definisi dan langkah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel