MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE - Definisi dan langkah
MODEL PEMBELAJARAN
WORD SQUARE
Oleh: Muhammad Hilal Aidar

A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Word Square
Word
Square dalam arti bahasa terdiri atas dua suku kata diantaranya Word yang
berarti kata dan square yang berarti pencari. Jadi menurut bahasa arti dari
Word Square adalah pencari kata. strategi pembelajarn Word Square adalah suatu
strategi pembelajaran yang didalamnya berisi permainan acak kata huruf menjadi
kata yang berserak dalam satu bingkai kotak, dimana siswa diminta untuk
menghubungkan huruf dengan cepat baik secara menurun atau mendatar secara
berkelompok dalam sebuah media kertas, strategi pembelajaran ini melatih siswa
untuk melatih kerjasama antar strategi
kelompok dalam menemukan jawaban pertanyaan dan memadukan kemampuan menjawab
pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban
yang telah tersedia.
Model
Pembelajaran Word Square merupakan model pembelajaran yang memadukan kemampuan
menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak
jawaban. Mirip seperti mengisi Teka-Teki
Silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan
kotak tambahan dengan sembarang huruf/angka penyamar atau pengecoh. Model
pembelajaran ini sesuai untuk semua mata pelajaran.Tinggal bagaimana Guru dapat
memprogram sejumlah pertanyaan terpilih yang dapat merangsang siswa untuk
berpikir efektif. Tujuan huruf/angka pengecoh bukan untuk mempersulit siswa
namun untuk melatih sikap teliti dan kritis.
Word
Square merupakan salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat
dipergunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode ini merupakan
kegiatan belajar mengajar dengan cara guru membagikan lembar kegiatan atau
lembar kerja sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap
materi pelajaran yang telah diajarkan. Instrument utama metode ini adalah
lembar kegiatan atau kerja berupa pertanyaan atau kalimat yang perlu dicari
jawabannya pada susunan huruf acak pada kolom yang telah disediakan.
B. Langkah-Langkah Model
Pembelajaran Word Square
Langkah-langkah Model Pembelajaran
Word Square adalah sebagai berikut :
1.
Guru
menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2.
Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai
contoh.
3.
Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf
dalam kotak sesuai jawaban secara vertikal, horizontal maupun diagonal.
4.
Berikan poin setiap jawaban dalam kotak.
C. Fungsi dari model pembelajaran
word square
Fungsi
dari model pembelajaran word squre pada umunya ialah untuk memberikan suasana
belajar yang lebih menantang dan menyenangkan sehingga tidak monoton, namun
tentunya terdapat fungsi lain yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran
secara luas.
1.
Kegiatan
tersebut mendorong pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran,diharapkan
dengan melakukan model pembelajaran word square peserta didik dapat memahami
materi yang disampaikan sebab mendapat pelajaran dua kali berturut turut, yakni
saat pengajar atau pendidik memberikan penjelasan dan ketika peserta didik
mengisi jawaban sesuai pertanyaan yang disediakan. Disini secara otomatis
peserta didik belajar untuk mengingat apa yang telah disampaikan oleh pengajar
atau pendidik dan menerapkan langsung pada kotak kotan jawaban yang tersedia,
semua mata pelajaran baik yang berhubungan dengan angka atauun hurup dapat
diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran word square ini.
2.
Melatih
untuk berdisiplin, mentunya peserta didik yang tidak mendengarkan penjelasan
materi pengajar atau pendidik di awa akan kesulitan dalam menjawab pertanyaan
sebab terdapat banyak angka dan huruf lain yang mengecoh, sehingga hal itu
dapat membuat peserta didik lebih sadar untuk memperhatikan apa yang
disampaikan pengajar atau pendidik dan dapat menjawab pertanyaan dengan cepat.
3.
Dapat
melatih sikap teliti dan kritis,dalam menjawab pertanyaan di kota kotak jawaban
yang tersedia jelas dibutuhkan ketelitian terlebih di awal awal pertanyaan
ketika semua kotak jawaban belum terisi, peserta didik harus mencari satu satu
di huruf atau angka yang tersedia hingga menemukan jawaban yang tepat sehingga
secara langsung akan menjadi peserta didik yang teliti dan pantang menyerah.
D. Kelebihan Strategi Pembelajaran
Word Square
1.
Strategi
word square mempunyai kelebihan sebagai berikut : Word square cenderung
menggali pengetahuan siswa dalam pembelajaran, karena word square berupa
permainan kotak kata yang berisi kumpulan huruf.
2.
Penggunaan
word square lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa yang akan menegaskan
pemahaman materi siswa.
3.
Membantu
siswa membiasakan diri membaca buku pelajaran, karena word square memerlukan
pengetahuan dasar dari siswa.
4.
Siswa
dapat berlatih kreatif dan terampil belajar mandiri dalam membuat pertanyaan
dan memanfaatkan buku sumber.
5.
Dapat
melatih sikap teliti dan kritis.
6.
Merangsang
siswa untuk berpikir efektif.
E. Kekurangan Strategi Pembelajaran
Word Square
1.
Metode pembelajaran seperti ini biasanya
menimbulkan suara gaduh, hal tersebut jelas akan mengganggu kelas yang
berdekatan.
2.
Siswa tidak dapat mengembangkan materi yang
ada dengan kemampuan atau potensi yang dimilikinya.
3.
Dalam model pembelajaran ini siswa tidak dapat
mengembangkan kreativitas masing-masing, dan lebih banyak berpusat pada
guru. Karena siswa hanya menerima apa
yang disampaikan oleh guru, dan jawaban dari lembar kerja pun tidak bersifat
analisis sehingga siswa tidak dapat menggali lebih dalam materi yang ada dengan
model pembelajaran word square ini.
F. Solusi dari kekurangan Strategi
Pembelajaran Word Square
1.
Guru senantiasa mengawasi dan membimbing
siswanya selama diskusi dan memberikan suatu peraturan-peraturan diskusi agar
mengurangi suasana gaduh dan diskusi berjalan lancar.
2.
Alangkah baiknya guru menyajikan materi yang
telah dimodifikasi sehingga potensi siswa semakin berkembang.
3.
Guru
membuat soal yang bersifat analisis dan jawaban dari soal tersebut berbentuk
jawaban singkat, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan
analisis siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
Prasetyo, Hafid Angga (2014) Studi
Perbandingan Antara Strategi Pembelajaran Scramble Dan Word Square Terhadap
Hasil Belajar IPA Kelas III SD N Ngadirejo 01 Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi
thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
https://dosenpsikologi.com/model-pembelajaran-word-square
http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-word-square.html
Berikan Komentar untuk "MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE - Definisi dan langkah"
Posting Komentar